Menu

Duduk Terlalu Lama Ternyata Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan, Asal…

Duduk Terlalu Lama Ternyata Tidak Berbahaya

Terlebih dulu seringkali kita membaca mengenai dampak jelek dari rutinitas duduk yang sangat lama. Banyak studi yang menyimpulkan, orang yang hobynya duduk berisiko menanggung derita beragam jenis penyakit serius seperti kegemukan, penyakit jantung, diabetes serta beda lain.

Baru baru ini ada studi yang memberi jalan keluar untuk mereka yang menyukai duduk lama tanpa ada mesti mencemaskan efek jelek dari kesukaannya itu. Menurut studi yang dipublikasikan dalam BMC Medicine itu, sebagian kesibukan fisik penguatan otot bisa menghindar seorang alami problem kesehatan akibatnya karena rutinitas duduk yang lama.

Studi yang di pimpin oleh Carlod Celis-Morales dari Kampus Glasgow, lakukan analisis data dari 400. 000 orang umur pertengahan yang tinggal di Inggris. Mereka disuruh memberikan laporan semua kesibukan fisik yang dikerjakan serta seberapa lama mereka berdiam diri dimuka tv atau monitor computer. Untuk memperoleh hasil yang lebih obyektif, beberapa peneliti lakukan tes kemampuan otot untuk menunjukkan kesibukan fisik yang sudah dikerjakan.

Duduk Terlalu Lama Ternyata Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Akhirnya, mereka yang otot ototnya lemah mempunyai resiko kematian 31% lebih tinggi apabila dibanding dengan mereka yang otot ototnya kuat. Ke-2 grup ini dinilai sesudah dibarengi sepanjang lima th. serta masing masing menggunakan saat sepanjang 2 jam dimuka monitor. Orang orang yang ototnya lemah juga mempunyai resiko penyakit jantung 21% lebih tinggi serta resiko penyakit kanker 14% lebih tinggi, apabila dibanding dengan orang orang yang ototnya kuat.

Kesimpulannya, tiap-tiap 2 jam dimuka monitor, resiko kematian serta resiko menanggung derita penyakit berat juga akan bertambah pada mereka yang mempunyai otot otot lemah.

Kemampuan otot sesungguhnya dapat dibuat dengan semua jenis berolahraga yang buat otot bergerak. Jadi, seorang tidak mesti pergi ke gym atau tempat fitness sekedar untuk memperkuat otot. Penguatan otot dapat dikerjakan lewat cara lari, jalan cepat, berenang, senam serta beda lain.

Walau kegiatan fisik yang buat badan fit bisa menghindar efek jelek dari rutinitas duduk lama, kita tidak bisa melupakan demikian saja hasil studi terlebih dulu yang menyebutkan kalau duduk berlama lama itu tidak sehat. Bila memanglah sangat mungkin, coba isi hari hari dengan semakin banyak bergerak supaya kesehatan badan lebih terbangun.